Walikota Palangkaraya Ajak Masyarakat Jaga Drainase Untuk Cegah Banjir
Walikota Palangkaraya Ajak Masyarakat Jaga Drainase Untuk Cegah Banjir

Bagikan:

Kalimantan Tengah- Nampaknya seruan ajakan dari Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Fairid Naparin untuk bergotong royong cegah banjir begitu kuat. Warga diajak bekerjasama untuk membersihkan dan menjaga drainase untuk mengantisipasi bencana alam banjir.

Wilayah mulai sering diguyur hujan, maka sejak dini kita secara rutin harus menjaga lingkungan dengan membersihkan saluran drainase.

“Paling baik dilakukan dengan gotong royong," kata Fairid di Palangka Raya, Senin. Kepala daerah termuda di wilayah Kalimantan Tengah ini mengatakan, tradisi gotong royong harus terus dilakukan masyarakat dalam upaya mengantisipasi wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah terbebas dari bencana banjir.

Pria yang juga merupakan pembalap "road race" itu pun mengajak komunitas bersama-sama masyarakat membangun dan menumbuhkembangkan kembali semangat dan budaya gotong royong dalam upaya meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan.

Ia mencontohkan, kerja sama masyarakat dalam lingkup terkecil seperti membersihkan saluran drainase secara terstruktur di lingkungan daerah tinggal masing-masing supaya tak terjadi banjir sebab saluran air tersumbat.

Dalam rangka meyakinkan saluran air tak tersumbat sebelumnya Fairid memimpin aktivitas pemantauan debit air di saluran drainase sekunder dan tersier di kota setempat berakhir zonanya sempat diguyur hujan lebat.

Dia pun menginstruksikan dinas terkait juga memantau secara berkala kondisi tinggi air di daerah aliran sungai yang merupakan lokasi pengaliran air dari wilayah kota.

Selain ajakan Walikota Palangkaraya ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!