Gojira Semburkan Karya Orisinal Pertama dalam 4 Tahun, <i>Another World</i>
Gojira (Instagram @gojiraofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Pasukan metal Prancis, Gojira melepas single baru berjudul Another World. Diproduksi oleh Joseph "Joe" Duplantier dan di-mixing melalui tangan dingin Andy Wallace, lagu baru ini sudah tersedia di semua platform streaming. Tak hanya itu, sebuah video musik bertema animasi yang disutradarai Maxime Tiberhgien dan Sylvain Favre juga sudah tersedia di kanal YouTube Gojira. 

Another World menandai musik orisinal pertama Gojira sejak perilisan album penuh nominasi Grammy mereka Magma pada tahun 2016.

Mengenai lagu tersebut, vokalis, gitaris, dan produser Joseph Duplantier berkomentar: "Dengan sangat gembira kami mempersembahkan lagu baru kami Another World."

"Ferdinand Magellan pernah berkata: 'Dengan tekad yang kuat kami akan memulai pada yang paling berani dari semua upaya, untuk menghadapi masa depan yang gelap tanpa rasa takut dan menaklukkan yang tidak diketahui.' Apakah umat manusia akan hancur, atau akankah kita selamat dari amukan alam? Lihatlah sekilas masa depan kita yang gelap dengan melihat film rilisan 1968, Planet Of The Apes… Another World!"

Setahun yang lalu, drummer Gojira, Mario Duplantier mengatakan kepada stasiun radio rock Idaho KBear 101 bahwa mereka terus mengerjakan tindak lanjut dari Magma

"(Proses pembuatan album) ini berjalan dengan baik," katanya. "Saya tidak dapat memberikan terlalu banyak detailnya karena kami masih harus membahas banyak hal, dan kami harus memberikan tanggal (rilis) kolektif dan lain-lain. Tapi saya dapat memberi tahu Anda bahwa, ya, kami sedang bekerja sangat baik. Bekerja keras pada hal-hal baru. Penggarapan sedang dalam proses, dan kami sangat bangga karenanya. Kami tidak sabar untuk memberikan detail selengkapnya."

Sementara itu, kehadiran Magma mengganjar Gojira dengan nominasi Grammy untuk pertama kalinya dalam kategori Best Metal Performance dan Best Rock Album. Track sadis Silvera menerima nominasi untuk Best Metal Performance, sedangkan Magma sendiri dinominasikan untuk Best Rock Album dalam penghargaan tahunan itu.

Mundur ke Agustus dua tahun lalu, Joseph Duplantier mengatakan kepada Metal Injection, Gojira mulai mengerjakan musik baru hampir tiga tahun lalu. “Biasanya kami menulis 12 lagu dan merekam 12 lagu dan merilis 12 lagu,” ujarnya. "Sekarang sepertinya kami akan menulis 100 lagu. Ini pendekatan yang berbeda dan itu menyenangkan. Kami memiliki keinginan baru dan cara baru dalam melakukan sesuatu. Saya suka berpikir itu akan menjadi luar biasa. Saya merasa itu akan menjadi benar-benar menarik, setidaknya bagi kami. Saya tidak tahu apa yang akan orang pikirkan."

Dalam wawancara yang sama, Joseph mengatakan bahwa Gojira berencana untuk menjelajahi beberapa wilayah baru di album mendatang. "Saya ingin kembali ke beberapa pengaruh lama yang kami miliki," katanya. "Kami selalu (merasa) bukan band death metal. Sebelumnya, saya adalah penggemar Dire Straits, Michael Jackson. Kami memiliki itu dalam diri kami dan beberapa hal (pengaruh musik) progresif juga. Kami memiliki semua hal ini dan kami perlu mengungkapkannya entah bagaimana, bercampur dengan memiliki saus spesial. Kami sedang mengerjakan sesuatu yang terkadang sedikit mengejutkan, bahkan bagi kami. Terkadang, seperti, "Apa ini?" Saya tidak tahu, biarkan tidur sebentar dan kembali ke sana. Setelah ini, kita akan kembali ke studio dan melihat apa yang terjadi."