Pencuri Ratusan Sepatu di Berlin Terungkap, Pelakunya Seekor Rubah
Ilustrasi (Unsplash/Erik Mclean)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa hari lalu banyak warga Berlin mengeluh karena kehilangan sepatu mereka.  Setidaknya ratusan pasang sepatu raib. Belakangan diketahui sosok dibalik pencuri sepatu adalah seekor rubah berwarna merah. 

Christian Meyer, misalnya. Seorang yang tinggal di Zehlendrorf, Berlin dua minggu lalu kehilangan sepatu lari barunya yang mahal di teras rumahnya. 

Tak terima, Mayer menginvestigasi pencurian tersebut menurut situs berita Jerman, Tagesspiegel. Ternyata ia bukan satu-satunya korban pencurian. 

Pencarian mulai mendapat titik terang setelah ia memergoki seekor rubah merah sedang menenteng sendal jepit biru dengan mulutnya. Beberapa hari kemudian, Meyer melihat rubah itu lagi. 

Meyer mengikutinya sampai ke semak belukar. Di tempat itulah ia akhirnya menemukan tempat rahasia si rubah. Di balik rerumputan itu ia menemukan lebih dari 100 pasang sepatu. "Kebanyakan hanya digerogoti sedikit," kata Meyer dikutip Tagesspiegel.

Foto rubah pencuri dan hasil curiannya dibagikan editor Tagesspiegel Felix Hackenbruch lewat akun Twitternya. Tumpukan alas kaki itu di antaranya sepatu kets, bakiak, sandal berbagai bentuk, warna dan ukuran. Sepatu paling banyak di antara tumpukan itu adalah Crocs. 

Masih belum jelas mengapa rubah mencuri sepatu-sepatu tersebut dan mengapa ia menyukai sepatu Crocs. Namun pencurian yang dilakukan rubah ini bukan kali pertama terjadi. 

Pada Agustus 2019, seekor rubah di Melbourne, Australia berulang kali mengunjungi halaman rumah seorang wanita dan mencuri tiga sepatu dalam waktu seminggu. Ia berhasil menangkap basah momen pencurian rubah tersebut melalui kamera CCTV yang ia unggah ke YouTube

Selain itu, beralih ke wilayah Asia, di Kyoto Jepang seekor rubah ketahuan mencuri lebih dari 40 pasang sendal pada 2018. Sedikitnya lima polisi dikerahkan untuk menangkap rubah tersebut. 

Sementara itu apabila melihat kasus serupa pada 2009 di Foehren, Jerman. Ada dugaan pencurian 110 hingga 120 sepatu oleh rubah betina kemungkinan untuk "dimainkan oleh anaknya" menurut Reuters.